Ciri - Ciri Tahu Berformalin


Siapa yang tidak kenal makanan dari kedelai berwarna putih, bertekstur lembut ini ??? rasanya setiap manusia di bumi Nusantara sudah pernah memakannya. Olahan tahu yang beragam dan kandungan gizi sebagai makanan turunan dari Kedelai sudah tidak diragukan, membuat tahu sebagai makanan idola di Indonesia.

Popularitas tahu dibeberapa kasus menjadi ajang mengeruk keuntungan pribadi oleh beberapa oknum bermental koruptor, salah satunya dengan menambahkan formalin saat memproses atau saat penyimpanan. Tujuan pemberian formalin yang biasanya digunakan sebagai pengawet jenazah, adalah agar tahu produksi atau jualan oknum ini lebih tahan lama dan terlihat segar meski sudah beberapa hari sejak diproduksi.

Menurut Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Agung Marliyanto membeberkan
cara mengetahui tahu berformalin. Tahu yang mengandung formalin akan memantul dan tidak rusak saat dijatuhkan dari ketinggian setengah meter. "Perlu diwaspadai oleh masyarakat yang membeli di pasar-pasar, (formalin) membuat tahu keras, kenyal, padat dan tahan lama bisa sepuluh hari," terang Agung, Jumat (4/12). Dia menambahkan, tahu tanpa formalin hanya kuat tiga hari. Nah, hal itulah yang disiasati para pedagang nakal. Mereka memilih menggunakan formalin agar tahu lebih awet.
"100 mg formalin masuk ke tubuh orang, mereka bisa meninggal. Orang sehat mungkin tidak merasakan efeknya sesudah makan. Tapi jangka panjangnya bisa terkena kanker dan penyakit lainnya," tegas Agung.

Kesimpulannya saat membeli tahu janganlah terburu - buru, periksa dengan teliti demi kesehatan keluarga.
loading...